IDX News

IDX News | JUNE 30, 2019

Pahami Istilah Blue Chip Sebelum Investasi Di Pasar Modal

Saat ini, banyak anak muda yang sudah melek investasi. Salah satu investasi yang dilirik adalah investasi di pasar modal. Berbicara soal investasi di pasar modal, tentu istilah blue chip sudah tidak asing lagi terutama untuk Anda yang sudah akrab dengan aktivitas investasi saham di Bursa Efek Indonesia. Tapi, untuk anak muda yang baru kenal dengan dunia pasar modal perlu tahu beberapa istilah seperti blue chip. Lalu apa sebenarnya blue chip itu?

Blue chip ialah deretan saham yang mempunyai nilai lebih tinggi daripada saham lainnya. Mudahnya, blue chip dikenal sebagai saham papan atas dengan nilai kapitalisasi pasar yang tinggi, lebih dari Rp40 triliun. Maka dari itu, perusahaan dengan kategori saham blue chip bukanlah perusahaan yang abal-abal, melainkan perusahaan dengan kualitas tinggi, baik dari segi etos kerja, kinerja keuangan, fundamental perusahaan, maupun dari jajaran pengurus perusahaan yang dipastikan profesional.

Kriteria Saham Blue ChipSebenarnya belum ada indikator pasti yang digunakan untuk mengelompokkan saham tertentu ke dalam kategori blue chip. Namun, kriteria-kriteria di bawah ini dianggap sebagai ciri yang paling umum dari saham blue chip seperti dilansir dari website investing.com:

  1. Kapitalisasi pasar besar


Menjadi keharusan bahwa saham yang masuk ke dalam kategori blue chip ialah saham dengan kapitalisasi pasar yang besar. Dengan kapitalisasi yang besar, suatu perusahaan mempunyai nilai yang tinggi. Dalam artian, perusahaan tersebut mempunyai saham beredar yang banyak dengan harga yang cukup tinggi. Tak jarang, saham blue chip ini menjadi mesin penggerak IHSG yang utama.
  1. Listing di BEI dalam jangka waktu lama
Karakter saham blue chip yang berikutnya, yaitu telah listing atau melantai di BEI dalam jangka waktu yang lama, paling tidak selama lima tahun. Mengapa demikian? Sebab, jika suatu perusahaan telah bergabung selama itu, track record atas kinerja perusahaan itu dapat dilihat dengan mudah dan stabilitas harga sahamnya tidak diragukan lagi. Hal ini juga berkaitan dengan reputasi dari perusahaan itu sendiri. Umumnya, perusahaan dengan saham bule chip mempunyai reputasi yang baik serta dikenal memberi manfaat yang nyata bagi masyarakat luas.
  1. Kinerja Keungan yang positif
Saham yang ingin masuk dalam kategori blue chip haruslah mempunyai kinerja fundamental perusahaan yang positif dalam jangka panjang, paling tidak selama lima tahun ke belakang. Kinerja fundamental tersebut juga dapat mengindikasikan bahwa perusahaan tersebut mempunyai kinerja keuangan yang stabil, terutama dalam hal pembagian dividen kepada para pemegang saham.
  1. Saham menjadi market leader
Saham blue chip kerap kali menjadi market leader atau pemimpin saham-saham lainnya dalam sektor yang sama. Dengan menjadi market leader, saham blue chip sangat mungkin dapat memonopoli pasar. Saham PGAS (JK:PGAS) adalah salah satu contoh market leader di sektor energi.
  1. Likuiditas tinggi
Sama halnya dengan kapitalisasi pasar, saham blue chip haruslah mempunyai likuiditas yang besar. Salah satu indikator untuk menentukan likuiditas suatu perusahaan ialah melalui jumlah saham yang beredar di pasar. Semakin tinggi jumlah saham yang dimiliki oleh publik, semakin tinggi pula likuiditasnya.   Nah, dari beberapa kriteria yang disebut di atas, maka mungkin Anda yang pemula sudah bisa mencarinya sendiri dari 600 lebih saham yang ada di BEI. Selain menyertakan kode sahamnya, Anda juga bisa melihat daftar harga saham blue chip murah dan mahal dari semua daftarnya. Agar lebih terbantu, berikut adalah daftar 20 saham blue chip terbaik menurut versi website analis.co.id:
  1. ASII
  2. PGAS
  3. JSMR
  4. WSKT
  5. PTBA
  6. UNTR
  7. TLKM
  8. AALI
  9. CPIN
  10. UNVR
  11. KLBF
  12. SMGR
  13. MYOR
  14. INDF
  15. BBCA
  16. BBRI
  17. BMRI
  18. LSIP
  19. ITMG
  20. MNCN
 
Sumber:
https://analis.co.id/daftar-saham-blue-chip.html
https://id.investing.com/news/stock-market-news/apa-itu-blue-chip-424592

0 Comments in this topic

Leave Comment